Filosofi Unik Jawa Dalam Penyebutan Angka

Filosofi Unik Jawa Dalam Penyebutan Angka – Mungkin diantara dari yang membaca artikel ini adalah orang jawa. Saya sendiri juga orang jawa ya. Bila memang Anda adalah orang jawa, disini saya ingin sedikit berbagi filosofi tentang bilangan angka dalam bentuk bahasa jawa. Kata temen-temen saya sih bilangnya “otak atik matuk”.

Falsafah dan petuah jawa ini tergolong unik, kenapa seperti itu? Yuk kita bahas sambil ngopi yahh.. Orang Indonesia bila menyebutkan angka bisa dikatakan mudah ya, tinggal ditambahkan saja seperti contoh setelah sembilan ada sepuluh, dua puluh, duapuluh satu, tiga puluh, tiga puluh satu dan seterusnya. Tetapi kalau dijawa beda lo ya, sehabis bulatan puluhan memiliki arti berbeda ya. Contohnya setelah sepuluh (10) tidak sepuluh siji (11), sepuluh loro (12) dan seterusnya melainkan sewelas. 

Filosofi Unik Jawa

Kata-kata yang unik bukan? Dan itupun juga berlanjut sampai seterusnya. Sebelumnya saya juga jalan-jalan digoogle ya guys, setelah baca sana dan baca sana lagi, ternyata ada arti yang sangat unik dan memiliki makna yang sangat luar biasa. Dalam penyebutan angka jawa ini memang bisa dikatakan memiliki penyebutan yang berbeda dan penyebutan ini hanya sampai angka 60. Dan makna ini juga dikaitkan dengan umur manusia. Angka 60 ini memang umur rata-rata dari manusia kan. 

# Kita mulai dari angka 11 sampai 19 dulu ya guys. Dalam petuah jawa memang penyebutan untuk angka sebelas ini adalah sewelas, rolas, telulas, ... , sampai songolas. Dan intinya puluh diganti dengan sebutan welas. Tahukah Anda arti kalata welas? Welas memiliki arti welas asih (belas kasih) dan angka ini masih bisa dikaitkan dengan angka dalam bahasa Indonesia yaitu belas (sebelas, duabelas, tiga belas, dst). Intinya masih tentang belas kasih ya. 

Arti makna diatas adalah tentang sebuah belas kasih terhadap lawan jenis. Jadi dimasa itu merupakan masa pertumbuhan yang disebut dengan masa remaja dimana masa tersebut merupakan masa dimana mengenal arti kasih sayang dengan lawan jenisnya. 

# Selanjutnya angka 21 sampai 29. Dalam Bahasa Indonesia disebut dua puluh satu, duapuluh dua dan seterusnya. Tetapi dalam bahasa jawa disebut dengan selikur (21), rolikur (22), dst. Dengan mengambil garis besar LIKUR. LIKUR diartikan sebagai Lingguh KURsi yang artinya adalah duduk dikursi. Makna ini bila kita jabarkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah manusia akan mendapatkan kehidupannya diusia itu yaitu di usia 21 sampai 29. Biasanya orang akan mendapatkan Harta, Tahta dan Jodoh di usia itu. (bener ga guys??) ingat ini rata-rata ya tidak semua orang begitu.

Selain itu dalam pengucapan angka 25 sangatlah berbeda, yaitu SELAWE (berbeda dengan lainnya) karna angka ini adalah angka yang paling spesial ya. SELAWE (Seneng-senenge Lanang lan Wedok) yang memiliki arti sukasukanya laki-laki dan perempuan dan bermakna diusia sekian mayoritas orang akan menemukan pasangan hidupnya karena juga merupakan puncak dari asmara didalam hidupnya. Oleh sebab itu umur sekian adalah idealnya orang menikah dan membina sebuah keluarga baik laki-laki ataupun perempuan.

# Untuk angka 30 sampai dengan 49 angka disebut dengan sebutan yang normal atau biasa. Tetapi di angka 50 inilah yang memiliki arti lagi. Diangka 50 dalam bahasa Jawa disebut dengan sebutan SEKET (Seneng KEThotan)  yang bila diartikan adalah suka memakai tutup kepala seperti topi / kopyah/ songkak dll. Hal ini dimaknai dengan manusia diusia lanjut seperti ini sudah waktunya berobat..eh bertobat maksudnya :D. Maksudnya kebanyakan orang diusia seperti ini adalah masa dimana manusia memfokuskan pada ibadahnya untuk bekal di akhirat nanti.

# Yang terakhir adalah angka 60 yang memiliki sebutan SEWIDAK. Angka ini merupakan sebuah angka yang cukup menakutkan ya, karena angka SEWIDAK (60) ini memiliki kepanjangan Sejatine Wis wayahe tinDAK yang diartikan kebanyakan manusia diusia 60 adalah masalah untuk pergi dari dunia atau meninggalkan dunia ini. Dan itupun juga juga banyak orang yang tau ya, bila memiliki umur yang lebih dari itu bisa juga dikatakan sebagai bonus dari ALLAH SWT.

Nah bagaimana nambah ilmu kan dari pitutur jawa yang unik kaya diatas. Ya semoga bisa bermanfaat ya buat pembaca, tapi ingat ini hanya sebagai sharing saja dan jangan membuatnya berlebihan ya. Semua yang ada didunia ini tergantung dari takdir dari Sang Maha Pencipta ya. Jadi beranggapan ini adalah patokan hidup. Ini hanya sebagai filsafat orang jawa yang cukup unik kalau menurut saya. Jadi tolong disikapi juga dengan bijak dan baik ya. Okay terimakasih sudah berkunjung, nantikan lagi informasi menarik lainnya di bambu muda.

Klasemen Sementara Liga Italia

Klasemen sementara liga Italia - Serie -A merupakan salah satu liga yang sangat terkenal didunia. Salah satu liga di Eropa ini juga menjadi salah satu pusat perhatian dunia sepak bola. Dari berbagai pertandingan tadi malam, pastinya memberikan banyak sekali perubahan pada posisi klasemen sementara pada Liga.

Posisi klasemen sementara Serie - A Italia ini juga sangat ketat dengan berbagai tim yang sangat kuat. Sebut saja seperti Juventus, AS Roma, Intermilan, AC Milan, Napoli, Lazio, Fiorentina, Genoa, Samdoria, Chievo, Atlanta, Torino, Udinese dan lain sebagainya yang juga memberikan pertandingan sepak bola yang sangat menarik dan panas tentunya.

Klasemen Sementara Liga Italia

Untuk klasemen sementara liga serie a italia ini bisa anda lihat ditabel dibawah ini. semoga bisa memberikan informasi yang cukup akurat dan bermanfaat untuk Anda. Silakan langsung dilihat ditabel berikut ini dari sepak bola Italia :

Klasemen Sementara Liga Italia

Baca Juga : 


Pada tabel diatas tidak hanya klasemen sementara dari liga italia, tetapi lengkap dengan jadwal bola hari ini, kemudian hasil pertandingan tadi malam dan juga plus daftar top skor dari liga italia. Bila Anda ingin melihat jadwal ataupun hasil dari pertandingan silakan Anda geser atau pilih pekannya saja di tombol pekan akan otomatis melihat pertandingan dari pekan pertama hingga terakhir.

Dan bila Anda ingin melihat klasemen dari liga silakan geser kebawahnya dan untuk daftar top skor liga italia silakan Anda geser kembali pada tabel dibawahnya lengkap dengan jumlah gol dan daftar klub yang dibelanya. Ok sampai sini saja informasi tentang klasemen sementara liga italia, silakan Anda lihat juga informasi lainnya. semoga bermanfaat. salam bambu muda

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Cara menghilangkan plak pada gigi - Gigi merupakan salah satu oragan yang sangat vital bagi hidup kita. Karena setiap hari kita memerlukan makan dan mengunyah menggunakan gigi kita. Bayangkan saja bila gigi kita sudah rusak dan sering sakit, akan sangat mengerikan bukan. Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga gigi kita agar tetap sehat sampai kita tua nanti. 

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Tips untuk merawat gigi agar tetap sehat bukanlah hal yang sulit dilakukan. Disini saya akan sedikit berbagi ilmu yang saya tahu tentang bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi secara alami. Tips atau cara untuk membersihkannya juga harus kita lakukan setiap hari, terlebih lagi bagi orang yang memiliki kebiasaan meminum kopi atau perokok juga.

Sebelum kita bahas cara untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi, tidak ada salahnya bila kita ketahui terlebih dahulu penyebab datangnya plak yang menempel pada gigi kita. Penyebab terjadinya plak pada gigi adalah sebagai berikut :
  • Kurang rajinnya membersihkan gigi alias kurang rajin gosok gigi
  • Kurang bersih saat menggosok gigi
  • Terlalu sering memakan atau minum manis seperti permen, kopi, coklat dan teman-temannya
  • Jarang berkumur
  • Merokok (baca tips berhenti merokok)
Bila anda juga merupakan salah satu diatas, maka segeralah sadar...bahwa gigi Anda butuh pertolongan. Bagaimana cara menolongnya? lakukan kegiatan berikut ini yang juga merupakan tips untuk menjaga gigi dari karang dan plak gigi. Dan cara yang saya ambil ini juga termasuk cara yang alami dan tidak memberikan efek samping ya. 

Cara menghilangkan plak pada gigi

Sikat gigi/ menggosok gigi secara teratur 
Kegiatan yang satu ini hukumnya sangat wajib ya karena ini adalah kebutuhan paling pokok untuk gigi kita Gosoklah gigi secara teratur dan menggosok secara benar dengan alur yang benar pula. terutama pada bagian yang paling sering menggiling makanan. Intinya menggosok gigi secara merata setiap hari (lebih disarankan sebelum dan setelah tidur)

Berkumur setelah makan
Berkumur setelah makan juga merupakan hal yang sangat perlu di perhatikan karena setelah makan, sisa-sisa makanan akan bersembunyi diantara celah-celah gigi Anda. Untuk itu setelah Anda makan sebaiknya berkumurlah dengan air, dan bila ada berkumur langsung dengan menggunakan obat kumur (Mouth wash)
Perbanyak minum air putih
Jangan salah, air putih juga merupakan salah satu alat untuk membersihkan sisa makanan yang masih hinggap di celah-celah rongga gigi Anda.
Mengunyah permen karet yang bebas gula
Mengunyah bukan berarti memakan ya, :D. Mengunyah permen karet juga merupakan cara yang cukup cerdas untuk membantu membersihkan gigi dari kotoran penyebab terjadinya plak dan karang pada gigi Anda. Terus mengunyakan akan sedikit membantu membersihkan kotoran yang masih tersisa di gigi. Tetapi diusahakan menggunakan permen karet yang bebas gula ya. Supaya lebih sehat dan aman bagi kesehatan.

Makan apel 
Tidak hanya apel tetapi buah-buahan dan juga sayuran akan memberikan vitamin bagi gigi Anda. Konsumsilah secara teratur ya...biar tambah sehat giginya.

Flossing
Istilah flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Pasti tahu kan kegiatan ini? Membersihkan gigi dengan benang juga termasuk cara yang cukup sehat dan alami untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat. Dari pada Anda menggunakan kayu lebih baik bila menggunakan benang ya.
Gunakan pasta gigi khusus
Bila Anda ingin mendapatkan bersih yang lebih maksimal maka gosoklah gigi Anda dengan pasta gigi yang khusus untuk membersihkan gigi yang lebih efektif dan lanjutkan dengan menggunakan obat kumur.
Cek secara berkala ke dokter gigi (6 bulan sekali)
Saran yang terakhir ini juga merupakan kegiatan yang wajib ya, terlebih setiap 6 bulan sekali kalian harus bisa datang secara teratur agar bisa melihat kesehatan gigi mu dengan benar. Bila ada gejala kerusakan Anda akan cepat tanggap.

Mungkin hanya itu beberapa tips tentang cara membersihkan plak pada gigi secara alami. Bila ada yang memiliki tips lain bisa menambahkannya di kotak komentar dibawah ini agar kita semua bisa lebih tau. Ok makasih sampai disini ya semoga tips dari saya ini bisa memberikan hal yang positif bagi kesehatan gigi kita.

Klasemen Sementara Liga Inggris

Klasemen sementara liga Inggris dan hasil lengkap pertandingan liga premier league Inggris lengkap. Pertandingan yang semakin menarik akan membuat panas para penghuni atas klasemen sementara liga inggris.

Klasemen Sementara Liga Inggris

Klasemen Liga premier league Inggris tersaji dengan lengkap. Tidak hanya klasemen saja, disini bakal kami berikan informasi tentang hasil pertandingan secara lengkap per pekannya. Hasil pertandingan liga inggris tadi malam dan juga jadwal pertandingan yang akan berlangsung malam ini. 

Selain informasi tentang klasemen sementara dan juga hasil pertandingan dari liga inggris, kami juga memberikan informasi terbaru dan terupdate dari Top Skor (top score) dari liga inggris secara lengkap. Oleh sebab itu langsung saja disimak informasinya dibawah ini ya. Checke broth :

Klasemen, Hasil, dan Top Score Liga Inggris

Baca juga :
Klasemen sementara liga Italia

Bagaimana lengkap banget kan informasi dari bambu muda. Mulai dari klasemen sementara liga inggris, hasil pertandingan liga inggris, sampai informasi top skor pemain liga inggtis. Semua tersaji hanya untuk sahabat bambu ya. 

Terima kasih buat yang sudah jalan-jalan melihat artikel tentang hasil klasemen sementara liga inggris dan hasil pertandingan sepak bola tadi malam dari pertandingan liga premier league inggris. Semoga informasi yang kami berikan bisa memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat terimakasih.

Tips Melupakan Cinta Pertama

Cinta pertama oh cinta pertama....Siapa sih yang gak pernah dapat cinta pertama? Pastinya semua udah pernah ngerasain ya rasanya cinta pertama kecuali buat yang masih kecil ya. Kalo yang masih kecil namanya cinta monyet. Bagi mayoritas orang, banyak yang beranggapan bahwa cinta pertama itu susah banget untuk dilupakan ya. Oleh sebab itu sekarang bambu muda bakal sharing pengetahuan tentang bagaimana cara melupakan cinta pertama.

Cara melupakan cinta pertama memang bisa dikatakan lebih sulit ya dibandingkan dengan melupakan cinta yang lain-lain. Kenapa ya kok seperti itu? Kalo menurut saya, cinta pertama itu susah dilupakan karena memang baru pertama merasakan rasa yang aneh dalam hati dan dirinya karena mengenal lawan jenisnya. Dan rasa aneh tersebut menjadi sebuah kenangan pertama kali yang nempel dalam pengalaman hidupnya (itu kalo menurut ane ya bebb). Oleh sebab itu cinta pertama menjadi lebih sulit untuk dilupakan.

Tips Melupakan Cinta Pertama

Kalo boleh curcol sih ya, sampe sekarang admin juga masih inget dengan jelas sama cinta pertama admin. Hehehehe. Banyak pedesnya sih tapi tetep dianggep maniss... tapi disisi lain sedikit banget orang yang bisa hidup bersama dengan cinta pertamanya dulu. Kendati demikian, cinta pertama bakal menjadi kenangan yang susah untuk dilupakan. Untuk itu sahabat bambu ga usah khawatir ya, bakal saya kasih sedikit tips supaya bisa melupakan cinta pertama. Seperti apa yukk kita lihat sama-sama.
Jangan larut dalam kenangan

Terlalu memikirkan masalalu akan berdampak pada masadepanmu. Jangan bilang “terserah/masa bodoh”. Boleh kamu bersedih, tetapi tetap ada batasnya. Berikan waktu untuk bersedih setelah itu ayokk bangkit dari tidurmu untuk menghadapi kenyataan hidup. 

Hikmah
Hikmah ibarat pelangi setelah hujan. Ambillah hikmah dari setiap pengalaman hidupmu untuk bisa menjadi seorang yang lebih baik lagi didepannya.

Teman
Teman atau sahabat itu sangatlah penting guys. Seperti kala sedang bersedih gunda gulana saya pasti nyari temen dan kumpul bareng, ketawa bareng. Paling gak sedikit-sedikit bantu lah buat lupa. Tapi pesen saya kalo  temen jangan pas sedih doang ya datengnya :D

Percaya pada diri sendiri
Maksud saya yang satu ini adalah kita buat sugesti pada diri kita sendiri. Sugesti bila kita bisa cepet move on. Kita buat optimisme pada hati kita sendiri pasti akan membantu.

Hobi 
Carilah hobi yang buat kamu pw. Kalo kamu sudah ada hobi atau kegiatan yang menyibukkanmu, akan lebih mempercepat proses penyembuhan hatimu.

Kurang lebih seperti itu ya gan tentang cinta pertama. Yang terakhir gan..kenangan itu gak sepenuhnya harus dihapus ya. Masalalu kita jadiin kenangan yang bisa kita jadikan semangat dan cerita untuk masa depan. Semoga artikel yang saya buat ini bisa memberikan manfaat ya gan. Dan semoga bisa cepat menjadi orang yang lebih dewasa. Salam sportif ya :D.

Cara Mengatasi Android Lemot

Cara mengatasi HP Android yang lemot – Bayangin aja guys kalo hp kita tu super duper lemot dan loadingnya lama banget. Pasti rasanya kepengen banting kan tapi kadang jadi ga berani karna ga ada duit buat ganti. Terkadang smartphone android yang cukup berkelas pun juga pernah mengalami yang namanya lemot, jadi tenang aja dulu sikapi dengan sabar dan semoga tidak terjadi penghancuran. Dan solusi untuk mengatasi hp lemot bisa kita bahas diartikel ini ya.

Bagaimana mengatasi smartphone lemot itu cukup ribet sih, ada beberapa yang harus kita lakukan agar bisa kembali lancar seperti baru. Disini saya punya sedikit ilmu yang sebelumnya juga ane searching di google juga. Dan karena saya juga pernah ngalamin makanya ane share biar semua juga bisa mengatasinya sendiri. Oke langsung aja ya kita lihat beberapa tipsnya untuk mengatasi hp lemot.

Mengatasi android lemot

Mengatasi HP Lemot
  • Gunakan aplikasi perawatan untuk smartphone. Aplikasi sejenis ini banyak sekali kita cari playstore seperti clean master salah satunya. Dengan aplikasi seperti ini membantu kita membersihkan file-file sampah yang memang agak bandel dan pastinya membuat hape kita jadi sedikit berat alias loadingnya lama.
  • Gunakan aplikasi seperlunya. Ya memang penting banget yang satu ini karena semakin banyak aplikasi yang berjalan pada hp kita, maka kerja proses processor, RAM dan kawan-kawan juga akan semakin berat. Oleh sebab itu pakailah aplikasi yang memang diperlukan dan hapus atau non aktifkan aplikasi yang tidak perlu. Kalo aplikasi bawaan biasanya tidak bisa dihapus atau dipindah ke eksternal, jadi cukup kita non-aktifkan saja. Kalo pengen hapus ya harus diroot.
  • Tak perlu menggunakan animasi. Mungkin masih banyak ya yang menggunakan animasi pada ponsel. Memang sih dengan adanya animasi tampilan ponsel kita terlihat lebih cakep, tapi perlu diketahui animasi pada ponsel juga memberikan kinerja yang cukup berat bagi hardware pemroses, oleh sebab itu saya sarankan untuk tidak menggunakan animasi seperti animasi live wallpaper dll.
  • Pakailah Memory Eksternal yang berkualitas. Kalo diperhatiin guys ya, sekarang tu banyak banget memori tambahan yang murah pake banget. Tapi kalo menurut saya ni, mending kita pake yang lebih mahal sedikit tapi tidak membebani hp kita. Saran lagi ya, beli SD Card yang ada tulisan levelnya ya atau biasa juga disebut kelas memorinya. Dan jangan menggunakan memori eksternal lebih kecil dari pada memori internal. Kalo sempet juga dibaca cara memperbaiki Micro SD rusak.
  • Sering matikan /restart hp. Bagi yang punya hp dengan ram yang cukup kecil saya saranin buat sering direstart alias dimatikan bentar terus dinyalain lagi ya. Biar smartphone nya juga kembali seger…
  • Dan cara yang terakhir ini cukup berat … Reset Androidmu, atao kembalikan ke pengaturan pabrik, ane jamin gan kalo cara yang satu ini pasti kerasa banget efeknya. Belum tahu cara reset hp android? Baca aja artikel bambumuda yang selanjutnya…


Cara diatas adalah cara yang cukup umum untuk mengatasi hp android yang lemot. Tapi kita juga harus ingat dengan spesifikasi dari hp kita, kalau memang hp kita dari golongan menengah ke bawah ya wajarin aja dan waktunya beli baru ya..hehehe. semoga sedikit artikel diatas bisa membantu memecahkan masalah anda tentang kerusakan pada hp android. Oke gitu aja semoga berhasil ya.

Arsip Blog

Lagi Trend